Sunday, July 24, 2016

DESA BAIPAJUNG

Desa Baipajung terletak di Kecamatan Tanah Merah. Kabupaten Bangkalan. Sejarah nama desa Baipajung diambil dari sebuah pohon besar yang bernama pohon “bai” dan bentuk dari pohon besar tersebut menyerupai payung yang dalam bahasa Madura disebut “pajung”, dan pohon bai tersebut memiliki buah yang berbiji. Dari situlah warga sekitar mengambil nama Desa Baipajung. Warga masyarakat memaknai pohon besar yang berdaun lebat menyerupai payung tersebut bisa menaungi mahluk hidup yang berada dibawah pohon tersebut. Begitupula harapan warga desa Baipajung yaitu menaungi seluruh lapisan masyarakat Desa Baipajung yang sekarang terdapat 6 (enam) dusun.
Desa Baipajung adalah desa yang sangat luas sehingga terbagi menjadi 6 (enam) dusun yaitu Dusun Rukburuk, Dusun Baidejeh, Dusun Bailaok, Dusun Majungan, Dusun Buwa’an, Dusun Binteng Dari ke-6 (enam) dusun tersebut ada salah satu dusun yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan yaitu  Dusun Majungan, di desa tersebut dijadikan sebagai pusat perkumpulan atau musyawarah karna di desa tersebut pula tempat kediaman para tokoh masyarakat desa Baipajung, baik dari tokoh social, tokoh budaya, dan juga tokoh agama. Pusat pemerintahan desa Baipajung yang dahulu berada di Dusun Majungan yang bersistem kerajaan. Mulai dari tahun 1968 pusat pemerintahan Desa Baipajung berpindah yang asalnya dari dusun Majungan ke dusun Bailaok hingga saat ini, yang dipimpin oleh Bapak As’ad Abd Nasution selaku Kepala Desa Baipajung.
Desa Baipajung merupakan desa yang berada di Kabupaten Bangkalan dengan luas wilayah 4.01 Km­­2, jumlah kampong/dusun 6, jumlah rukun warga (RW) 6 dan rukun tetangga (RT) 26. Jumlah penduduk  ±7.185 jiwa untuk tahun 2014 dengan jumlah KK 1.545. Desa Baipajung merupakan desa dengan nilai pontensi yang cukup bagus dan perlu dikembangkan baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun sektor pengolahan dalam industri rumah tangga.
Dalam sektor pertanian Desa Baipajung memiliki banyak potensi antara lain potensi dalam bentuk tanaman jagung,padi,tebu dan dalam sektor perikanan di desa baipajung memiliki potensi budidaya ikan lele, dan dalam industri rumah tangga di desa baipajung memiliki usaha dalam pembautan mukenah.


4 comments:

  1. Ohh saya baru tau sejarah nyaa desa baipajung makasih yaa info nya..

    ReplyDelete
  2. dan baipajung banyak melahirkan perwira TNI pula salah satunya ayah saya dan kakek saya

    ReplyDelete
  3. Sangat bagus informasi nya ! Trims.

    ReplyDelete
  4. desa ku yang ku cinta,berkat kucuran dana desa kini jalan desaku berlapis aspal semua

    ReplyDelete