Sunday, July 24, 2016

POTENSI SUMBER DAYA ALAM DESA BAIPAJUNG

Potensi sumber daya alam desa baipajung dapat dilihat dari mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Baipajung adalah petani. Dengan luas lahan pertanian 80.84 Ha, terdiri dari tanah sawah jenis tadah hujan dengan produktivitas padi 6,16 Ton/Ha, kacang tanah 1.14 Ton/Ha, ubi kayu 16.60 Ton/Ha dan produktivitas jagung 2,22 Ton/Ha. Potensi Peternakan di desa Baipajung juga mendukung dan cukup beragam. Selain sebagai petani, sebagian masyarakat juga ada yang berprofesi dibidang industri kecil atau kerajinan rumah tangga seperti industri rumah tangga yaitu pembuatan mukenah bordir, budidaya ikan lele, dan sebagai pedagang, baik dengan membuka toko atau warung.

Gambar 1.1
Potensi Pertanian Tanaman Jagung

Gambar 1.2 
                                     Potensi Perikanan Budidaya Perairan Ikan Lele
Dari berbagai potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh desa Baipajung kami memilih untuk mengembangkan produksi ikan lele menjadi bahan makanan seperti kerupuk, abon dan nugget yang berbahan dasar ikan lele. Produk dari bahan dasar ikan lele dipilih karena bahan dasar produk yaitu ikan lele dapat diambil dari dari desa Baipajung sendiri, cara pembuatan mudah tidak menyulitkan warga setempat, cara penjualan yang mudah dan kadar kadaluwasa produk lumayan tahan lama. Selain itu produk atau olahan tersebut bisa menjadi ikon desa atau produk rumahan dari desa Baipajung.

Kami memilih mengembangkan potensi ikan lele, karena salah satu potensi yang dimiliki oleh desa Baipajung adalah budidaya ikan lele, salah satu masyarakat yang mengembangkan budidaya ikan lele bernama pak sulaiman. Masyarakat sekitar belum mengetahui manfaat dari ikan lele yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan yang terbuat dari bahan dasar ikan lele antara lain kerupuk ikan lele yang akan kami produksi.



0 comments:

Post a Comment