Monday, August 1, 2016

SOSIALISASI PRODUK LELE SANGKURIANG (KERUPUK,NUGGET,ABON) BERSAMA GURU SD BAIPAJUNG 01

Ikan lele  merupakan sejenis ikan konsumsi yang sudah merambah diberbagai penjuru kota di Indonesia termasuk di Desa Baipajung kecamatan tanah merah bangkalan.
Ikan lele dalam kehidupan sehari hari ternyata memiliki banyak manfaat jika dikelola sacara baik dari awal budidaya hingga pada proses pengolahan berbagai olahan ikan lele diantaranya:
  1. Kaya asam lemak omega tiga: Menjaga kesehatan jantung dan otak manusia. Baik untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan
  2. Kaya protein: Baik untuk membangun massa otot
  3. Vitamin B12: Kandungan 40 % menambah stamina agar tidak gampang lelah
  4. Kaya fosfor: Memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, membantu menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA
  5. Membantu Kesehatan Kardiviovaskular
  6. Mampu menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah
  7. Dapat membuat jantung dan otak sehat
  8. Dapat mempercepat proses penyembuhan luka

Oleh karena itu kami kelompok KKN 58 melakukan sebuah inovasi untuk pembuatan kerupuk , nugget, dan abon yang berbahan ikan lele dikarenakan potensi yang ada di dalam desa baipajung terletak di budidaya ikan lele. Setelah berhasil membuat inovasi kami akan memberikan penyuluhan ke masyarakat, guru dan pengusaha dalam bidang perikanan. Penyuluhan merupakan sebuah cara mengenalkan sebuah produk kami yang terbuat dari bahan dasar lele untuk bisa dikembangkan oleh masyarakat khususnya di desa baipajung supaya bisa menjadi potensi untuk berwirausaha. Untuk penyuluhan di masyarakat diadakan hari minggu tanggal 31 juli 2016 sedangkan penyuluhan untuk guru hari diadakan tanggal 1 agustus 2016.
Tujuannya supaya guru memperoleh informasi cara pengolahan lele dan mampu mengaplikasikan masyarakat dan mampu
Cara yang digunakan untuk penyuluhan terhadap guru ialah menerangkan produk melalui slide power point yang kami buat dan sudah disediakan artikel tentang alat , bahan yang akan digunakan.

Dokumentasi pelatihan.,

0 comments:

Post a Comment